Jumat, 03 Desember 2010

DESIGN INTERIOR

DESIGN INTERIOR
Menciptakan suatu design yang menarik merupakan pekerjaan tiap perencana. Design itu akan lebih menarik lagi jika padanya di bubuhkan elemen- elemen pembantu.Untuk itu, kita harus tahu bagaimana seharusnya design pada tiap- tiap ruang. Design ruang satu dengan yang lain tidak akan sama. Hal ini bisa di ketahui lewat fungsi, aktifitas dan tujuan ruang itu sendiri.
Suatu bangunan meliputi banyak ruang. Ruang- ruang tersebut merupakan merupakan suatu organisasi sendiri. Dalam satu bangunan harus diusahakan adanya cirri khas dan gaya yang sama. Jangan sampai terjadi ketidak sesuain, misalnya bangunan jaman colonial yang berisikan dengan gaya modern atau sebaliknya. Memang tidak mungkin bangunan memiliki semua kemudahan yang ada, tetapi setidak tidaknya ruang tinggal, ruang keluarga, ruang muka, dapur, kamar tidur,kamar mandi dan kloset harus ada. Kecuali kalau tanah tempat rumah itu cukup luas sehingga bisa ditambah lagi dengan kolam renang, serambi muka, taman, garasi maupun temapat kerja.
Disini kami akan memberikan sedikit teori tentang ciri khas tiap- tiap ruang sehingga anda memudahkan mengenail detail manfaat tiap ruang rumah anda :


1. Ruang tinggal dan ruang tamu.
Ruang tinggal serimg disatukan dengan ruang tamu, apalagi di rumah rumah modern yang relative kecil, sehingga kadang kadang ruang tinggal mempunyai fungsi ganda. Ruang tinggal merupakan pusat kehidupan dalam rumah. Oleh sebab itu kedudukan, design, ukuran dan bentuknya sangat penting dan mempengaruhi perencanaan, pemanfaatan dan pemunculan terhadap ruang- ruang lain.
2. Fungsi
Ruang tinggal direncanakan untuk memenuhi banyak fungsi. Fungsi yang tepat tergantung pada habitat kehidupan orang yang menempatinya. Didalam rumah, ruang tinggal sering merupakan tempat temu rasa antara anggota keluarga, pusat rekreasi, perpustakaan, ruang musik dan ruang tidur tamu. Oleh sebab itu Design harus disesuaikan.
3. Design

Tidak ada cara lain untuk mendesign suatu ruang kecuali satu, yaitu pengutamaan rasa, habitat dan personalitas seseorang yang akan menempati ruang itu. Jika si penghuni menghendaki rasa yang modern, maka dinding, plafond an lantai harus mempuyai kesan yang sepadan dengan kebersihan, garis– garis fungsional arsitekture modern dan perabotan yang bergaya periode tertentu, gaya tersebut tercemin dalam design ruang.
Ruang tinggal harus berkesan mengundang, nyaman dan melegakan. Penampilan itu bisa di capai dengan pemilihan bahan dinding, atap dan lantai yang tepat, juga dengan warna dan teknik penyinaran yang baik.
Memberi dekor pada suatu rencana yang sama dengan memilih model pakaian. Warna dan gaya dan bahan dapat memperkecil kesalahan dan memberikan titik yang indah. Misalnya pemakaian kaca cermin akan memperbaiki design suatu ruang kecil sehingga kelihatan besar.
4. Dinding

Perencanaan dan penempatan pintu, jendela dan elemen pembantu pada dinding dapat mengubah penampilan keseluruhan suatu ruang. Jenis penutup dinding yang digunakan misalnya : plesteran, panel- panel kayu, batu bata, batu kali, batu pualam, kaca dan papan- papan buatan lainnya, juga mempengaruhi penampilan. Semuanya tidak boleh seakan – akan penampilan kemudian tetapi harus di rencanakan benar- benar sebagai bagian yang merupakan kesatuan.
5. Plafon
Banyak plafon yang direncanakan secara konvensional dengan permukaan rata. Bahan – bahan modern sekarang menuntut pemakain yang hemat, misalnya pemanfaatan balok- balok pada plafon sekaligus sebagai design, sehingga tidak ada bahan yang disisakan. Balok itu di tutup lagi dengan papan atau lembaran lain. Jika memang di rencanakan sebagai atap yang indah plafon bisa dibuat berprofil atau dengan panel- pamel yang menjorok kebawah.
Disini kami dari Harapan Cemerlang Consultan akan membantu anda menata ruang anda dengan konsep yang anda inginkan, dengan tidak melupakan kaidah aturan tata letak perabotan interior.
Anda juga akan kami ajak diskusi dan juga memberi masukan tentang ide anda tentang interior rumah anda, sehingga akan tercipta kombinasi antara design dari owner dan Designer

1 komentar:

  1. Artikel yang cukup baik ya pak mengenai jasa gambar rumah . Semoga ini bisa bermanfaat dengan baik

    BalasHapus